PENERIMAAN MAHASISWA BARU BAGI LULUSAN SM-ITB 2020

 

Pengumuman Hasil Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) 2020 akan dilaksanakan pada hari Jumat, 28 Agustus 2020, pukul 05.00 WIB pagi, di laman https://usm1.itb.ac.id, dengan menggunakan login masing-masing peserta. Silakan melakukan akses ke laman https://usm1.itb.ac.id tersebut dengan menggunakan nomor seleksi dan password yang telah dimiliki sebelumnya.

 

Kegiatan Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru ITB secara daring (online) bagi calon mahasiswa yang dinyatakan lulus SM-ITB 2020 akan dilaksanakan pada tanggal 31 Agustus - 4 September 2020. Calon mahasiswa dimohon untuk memperhatikan informasi mengenai tata cara Pendaftaran Mahasiswa Baru ITB secara daring (online) di bawah ini.

 

 

A.     JADWAL DAN HALAMAN PENDAFTARAN ONLINE

Kegiatan Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru bagi calon mahasiswa yang dinyatakan lulus SM-ITB 2020 akan dilaksanakan pada tanggal 31 Agustus - 4 September 2020, pukul 23.59 WIB secara DARING (ONLINE) melalui laman https://usm1.itb.ac.id. Kegiatan pendaftaran ini WAJIB diikuti oleh seluruh calon mahasiswa yang telah dinyatakan lulus SM-ITB 2020 di ITB.

 

Waktu

Kegiatan

Keterangan

28 Agustus 2020

Pengumuman Hasil Seleksi Mandiri 2020

http://usm1.itb.ac.id

31 Agustus - 4 September 2020

Unduh Kit Pendaftaran Mahasiswa Baru

http://usm.itb.ac.id/Kit_SM.zip

31 Agustus - 4 September 2020

Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru ITB secara daring (online)

https://akademik.itb.ac.id

31 Agustus - 4 September 2020

Finalisasi Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru ITB secara daring (online)

https://akademik.itb.ac.id

Disampaikan Kemudian

Sidang Terbuka Penerimaan Mahasiswa Baru ITB 2020

Akan diumumkan di laman https://akademik.itb.ac.id

Disampaikan Kemudian

Kegiatan Pengenalan Kampus bagi Mahasiswa Baru ITB

Akan diumumkan di laman https://akademik.itb.ac.id

Disampaikan Kemudian

Hari Pertama Perkuliahan

Akan diumumkan di laman https://akademik.itb.ac.id

 

B.      BIAYA PENDIDIKAN atau UANG KULIAH TUNGGAL (UKT) atau BIAYA PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN (BPP)

Biaya pendidikan per semester bagi mahasiswa yang diterima di ITB melalui SM-ITB (dalam bentuk Uang Kuliah Tunggal/UKT dan Iuran Pengembangan Institusi) adalah sebagai berikut (dalam rupiah):

 

Fakultas

UKT5/semester

Iuran Pengembangan Institusi

Selain SBM

Rp. 25.000.000,-

Min Rp. 25.000.000,-

SBM

Rp. 25.000.000,-

Min Rp. 40.000.000,-

 

Seluruh calon mahasiswa ITB secara otomatis akan dikenakan besaran UKT5, sesuai Fakultas/Sekolah yang menerimanya.

Mulai tahun 2020, ITB memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk dapat mengajukan permohonan pembayaran UKT secara mencicil. Terdapat dua skema pembayaran biaya UKT secara cicilan sebagai berikut :

·         Periode cicilan 2 (dua) kali dalam 1 (satu) semester:

o   Pembayaran pertama sebesar 50% BPP, selambat-lambatnya sebelum hari pertama perkuliahan semester berjalan, sesuai kalender akademik.

o   Pembayaran kedua sebesar 50% BPP, selambat-lambatnya pada minggu ke delapan perkuliahan semester berjalan, sesuai kalender akademik.

·         Periode cicilan 3 (tiga) kali dalam 1 (satu) semester:

o   Pembayaran pertama sebesar 40% BPP, selambat-lambatnya sebelum hari pertama perkuliahan semester berjalan, sesuai kalender akademik.

o   Pembayaran kedua sebesar 30% BPP, selambat-lambatnya pada minggu ke delapan perkuliahan semester berjalan, sesuai kalender akademik.

o   Pembayaran ketiga sebesar 30% BPP, selambat-lambatnya sebelum hari pertama Ujian Akhir Semester sesuai kalender akademik pada tahun berjalan.

 

C.      JAMINAN KEMAMPUAN KEUANGAN

Seluruh calon mahasiswa yang dinyatakan diterima di ITB melalui Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) 2020 diharuskan untuk menunjukkan dokumen Jaminan Kemampuan Keuangan. Dokumen ini merupakan dokumen yang membuktikan bahwa calon mahasiswa yang bersangkutan dapat memenuhi kewajiban pembayaran biaya pendidikannya secara penuh, selama menempuh pendidikan di ITB.

 

D.     ISIAN DATA DAN DOKUMEN

Dalam proses Pendaftaran Mahasiswa Baru secara online, calon mahasiswa akan melakukan pengisian data dan mengunggah file scan dari beberapa dokumen dalam format pdf atau jpeg/jpg. Calon mahasiswa harus mempersiapkan file dokumen yang dapat dibaca secara jelas. File dokumen yang harus dipersiapkan mencakup:

·         Kartu Peserta SM-ITB 2020 ASLI.

·         Ijazah SMA Asli atau Surat Tanda Kelulusan (STL) Sementara jika belum mendapatkan Ijazah ASLI, bagi lulusan tahun 2020.

o   STL harus memuat foto calon mahasiswa dan diberi cap Sekolah.

o   Kelulusan SMA merupakan syarat utama untuk melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi Negeri. ITB akan membatalkan status kelulusan dari penerimaan mahasiswa baru bagi calon mahasiswa yang tidak mampu menunjukkan bukti kelulusan SMA.

o   Calon mahasiswa wajib mengunggah file Ijazah ASLI paling lambat tanggal 20 Desember 2020.

·         Akta Kelahiran ASLI

o   Tidak dapat menggunakan Surat Kenal Lahir dan/atau dokumen sejenis selain Akta Kelahiran.

o   Bagi calon mahasiswa yang belum memiliki akta kelahiran, agar segera mengurus pembuatan akta dan wajib mengunggah berkas tersebut paling lambat tanggal 20 Desember 2020.

·         Kartu Keluarga ASLI

·         Bukti Kepemilikan Asuransi Kesehatan

o   Yang dimaksud dengan asuransi kesehatan adalah asuransi yang dapat memfasilitasi rawat inap karena sakit, dan bukan Asuransi Kecelakaan.

o   ITB mewajibkan seluruh mahasiswa memiliki Asuransi Kesehatan selama menempuh pendidikannya di ITB.

o   Asuransi BPJS adalah asuransi yang minimal harus dimiliki oleh calon mahasiswa.

o   Bagi peserta BPJS, tidak perlu meminta surat keterangan dari kantor BPJS. Silakan unggah Kartu Peserta BPJS yang mencantumkan nama calon mahasiswa, dilengkapi Bukti Transaksi terakhir atau screenshoot dari aplikasi JKN Mobile, bila diperlukan.

o   Bagi calon mahasiswa yang belum memiliki asuransi kesehatan pada jadwal pendaftaran online di atas, wajib mengunggah bukti kepemilikan asuransi kesehatan paling lambat 30 September 2020.

·         Surat Keterangan Bebas Buta Warna ASLI dari Dokter Spesialis Mata

o   Diwajibkan bagi calon mahasiswa yang diterima di Fakultas/Sekolah berikut:

§  Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (khusus peminat Program Studi Kimia)

§  Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati

§  Sekolah Farmasi

§  Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (khusus peminat Program Studi Teknik Geologi)

§  Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan

§  Fakultas Teknologi Industri (khusus peminat Program Studi Teknik Kimia)

§  Fakultas Seni Rupa dan Desain

o   Surat Keterangan Bebas Buta Warna dari Dokter selain Dokter Spesialis Mata tidak dapat digunakan.

o   Surat Keterangan Bebas Buta Warna dari Dokter Spesialis Mata tersebut harus sesuai dengan format yang disediakan ITB di laman Kit Pendaftaran Mahasiswa Baru ITB 2020 (mencantumkan foto calon mahasiswa yang terkena cap Rumah Sakit/Klinik/Dokter Spesialis Mata).

·         Surat Pernyataan Kemampuan Pembayaran BPP/UKT Selama Masa Studi. Format surat tersebut dapat diunduh di laman DISINI.

o   ITB sangat menganjurkan orang tua/wali calon mahasiswa dapat memberikan surat Jaminan Kemampuan Keuangan, yang antara lain menyerahkan surat referensi Bank. Contoh surat referensi bank dapat ditemukan pada tautan berikut ini

§  https://www.bcasyariah.co.id/produk/jasa/referensi-bank/

§  https://www.bni.co.id/id-id/personal/jasajasa/bnisuratketeranganbank

E.      Tatacara Pembayaran Biaya Pendidikan

 

 Calon mahasiswa yang telah menyelesaikan pendaftaran ulang mahasiswa baru secara daring diwajibkan untuk melakukan pembayaran biaya pendidikan (UKT dan Iuran Pengembangan Institusi). Tata cara pembayaran UKT dan Iuran Pengembangan Institusi dapat diperoleh di tautan ini.

Calon mahasiswa yang akan melakukan pelunasan UKT dengan cara cicilan, dapat mengajukan permohonan ke Direktorat Pendidikan dengan tata cara berikut :

·         Memilih dan menyetujui pelaksanaan pelunasan biaya pendidikan dengan cara cicilan yang terdapat di laman https://akademik.itb.ac.id.

·         Pelunasan cicilan pertama dilaksanakan paling lambat sebelum hari pertama perkuliahan berlangsung.

·         Pelunasan cicilan berikutnya dilaksanakan sesuai dengan ketentuan yang tercantum di Bagian B.

·         Pembayaran biaya pendidikan (UKT dan Iuran Pengembangan Institusi) hingga paling lambat sebelum hari pertama perkuliahan berlangsung. Pembayaran UKT dan Iuran Pengembangan Institusi dilakukan melalui virtual account seperti yang tercantum pada tautan ini.

 

F. PERNYATAAN KEBENARAN ISIAN DATA DAN VERIFIKASI DATA

·         Seluruh data dan dokumen yang disampaikan secara online harus merupakan data dan dokumen yang sebenarnya.

·         Data dan dokumen yang diunggah oleh calon mahasiswa akan diperiksa kebenarannya di dalam tahap verifikasi data. Dengan mempertimbangkan kondisi darurat wabah COVID-19, tahap verifikasi data akan diselenggarakan setelah kondisi ditetapkan kondusif, dengan jadwal dan tata caranya akan disampaikan kemudian.

·         Di dalam halaman pendaftaran, seluruh calon mahasiswa akan memberikan pernyataan bahwa seluruh data dan dokumen yang disampaikan adalah benar, dan jika di kemudian hari ditemukan bahwa data dan dokumen yang diberikan adalah bukan yang sebenarnya, mahasiswa akan menerima konsekuensi DICABUT STATUSNYA SEBAGAI MAHASISWA ITB.

 

G. KONTAK INFORMASI PENERIMAAN MAHASISWA BARU

Informasi lengkap mengenai kegiatan Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru ITB 2020, dapat diperoleh di alamat :

Direktorat Pendidikan ITB

Gd. CCAR ITB lt.4, Jl. Tamansari 64 Bandung

Tel./Fax.           : (022) 2530689 (Hari dan Jam kerja)

E-mail               : usmitb@pusat.itb.ac.id

 

 

Bandung, 28 Agustus 2020

 

a.n. REKTOR

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan

Institut Teknologi Bandung

 

 

 

Prof. Dr. Ir. Jaka Sembiring, MEng.

NIP.  196602281991021001